Minggu, 17 Juli 2011

PARADE EKSKUL KIR ADINIRA SMAN 1 SUMEDANG TAHUN 2011


Alhamdulillah sukses sudah Parade Ekskul KIR ADINIRA yang diadakan pada hari Sabtu, 16 Juli 2011. Kami berhasil membawakan percobaan-percobaan sederhana buatan kami sendiri. Sesuai dengan sifat ekskul ini, kami bekerja berdasarkan metode-metode ilmiah. Semua sudah kami fikirkan jauh-jauh hari sampai benar-benar matang materinya kami kuasai. Sabtu kemarin kami menampilkan 10 percobaan dari semua divisi yang kami punya yaitu Divisi Kimia, Divisi Biologi, Divisi Fisika Dan Divisi Freematerial. 
  • Dari Divisi Kimia:
    1. Api Kimia    










*Warna api akan tampak beragam setelah penambahan methanol dan garam-garam klorida (NaCl, SrCl2, KCl, CaCl2) yang dibakar hingga timbul api. Warna merah, biru, putih dan lainya akan tampak dari api-api yang kita ciptakan. Bisa juga menggunakan garam lainya dari golongan alkali dan alkali tanah
2. Menara Kimia & Pencampuran Air dan Minyak














*Menara kimia yang berisi sirup, air gula, minyak dan etanol 95% masuk ke dalam satu tempat dan akan dimasukan telur, koin, jeruk, bawang merah atau putih (bisa ditambahkan benda lain yang masuk untuk percobaan). Benda-benda itu akan tenggelam, terapung, dan melayang pada lapisan cairan sesuai dengan berat jenisnya masing-masing.
3.       Gelembung Larva,












*Ketika garam dimasukan ke dalam larutan maka akan menghasilkan gelembung-gelembung karbondioksida. Gelembung itu memuat air pada dasar botol hingga terangkat ke atas. Ketika sampai di permukaan gas karbondioksida terlepas yang menyebabkan air akan kembali ke bawah.
4.      Tulisan Ajaib,










*Tulisan ajaib dibuat dengan menggunakan campuran larutan fenolftalein dan NaOH 1 M. Buat tulisan di atas kertas putih dengan menggunakan NaOH dengan bantuan kuas atau kapas lalu keringkan hingga tulisan itu tidak terlihat lagi. Semprotkan larutan PP pada kertas, lalu lihat apa yang terjadi?
·         Dari Divisi Biologi:
5.      Insectarium (ulat, kepompong, kupu-kupu, kecoa, belalang, capung),




*Semua binatang diatas asli dari mahluk hidup yang didapatkan dari kebun, taman ataupun tempat lainya. Kami menggunakan formalin untuk mengawetkanya.
6.      Yogurt.


*Mungkin ini percobaan Divisi Biologi yang paling rumit dan panjang prosesnya. Dari mulai pencampuran bahan hingga hasilnya menjadi yogurt. Rasanya asam tapi menyegarkan. Mau coba? Yuk gabung di KIR ADINIRA!
·         Dari Divisi Fisika:
7.      Careless Trap, 




*Jebakan bagi yang ceroboh. Dibuat untuk menguji ketelitian seseorang. Bel akan berbunyi jika besi yang ada di gagang bersentuhan dengan besi yang menjadi lintasannya. Sangat sulit menyelesaikan rintanganya jika kita tidak hati-hati melakukanya. Yuk coba di KIR ADINIRA!
8.      Penghapus Elektrik,



*Meskipun pencipta alat ini perempuan semua, tapi penghapus electric ini berhasil meraih juara 3 di acara L’OREAL GIRLS SCIENCE CAMP 2011. Dengan alasan malas menghapus papan tulis, maka diciptakanlah penghapus papan tulis electric. Penghapus akan bergerak dengan otomatis karena dijalankan oleh dynamo mesin jahit yang  kita injak. Dengan itu, menghapus papan tulis bukan lagi pekerjaan yang sulit.
9.      Car Whiteboard Electric (CWE)

*Walaupun sama-sama berfungsi untuk menghapus papan tulis seperti yang di atas, tapi Car WhiteBoard Eraser (CWE) bukan dijalankan dengan dynamo mesin jahit melainkan dengan mobil remote. Pengapus akan bergerak sesuai yang kita inginkan dengan kendali yang kita pegang dari remote mobilnya. Alat ini berhasil meraih Juara Harapan 1 dalam acara LKIR yang diadakan oleh UIN Bandung.
·         Dari Divisi Freematerial:
10.  Pivot.





            *Aksi manusia bergoyang, bakal kamu lihat disini. Kamu bebas menciptakan gerakan-gerakan yang kamu inginkan lewat aplikasi ini. Mau coba? Yuk gabung aja di KIR ADINIRA!

Dan inilah mereka yang sudah kreatif menampilkan percobaan-percobaan diatas hingga menarik minat para peserta MOPD SMAN 1 SUMEDANG untuk maju ke depan dan mencobanya satu persatu.

 

DIVISI BIOLOGI:









DIVISI FISIKA:








          






     









DIVISI FREEMATERIAL:
Semua ini berjalan lancar tak lupa karena doa dan usaha maksimal dari semua anggota KIR ADINIRA, motivasi AKIRA dan juga Pembina kami yang selalu siap menangani jika kami memerlukan bahan-bahan yang sulit kami jangkau. Dan ternyata anak-anak KIR itu bukan hanya pintar berkarya tapi juga pintar dalam bidang lainnya. Acara parade demo ekskul KIR ADINIRA bisa meriah karena bantuan MC yang interaktif. MC ini kami hadirkan asli dari anggota KIR sendiri.










































Semoga saja setelah dilaksanakanya Parade Ekskul KIR ADINIRA ini, semakin banyak siswa-siswi 
SMAN 1 Sumedang yang berminat untuk ikut gabung bersama kami dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang nantinya bisa bermanfaat untuk semua kalangan. Tak lupa kami juga mempunyai Tim Promosi yang siap beredar di seluruh penjuru kelas untuk mengajak semua siswa-siswi SMAN 1 Sumedang untuk ikut bergabung. Kami rutin latihan setiap minggunya pada hari Selasa, sepulang sekolah tepatnya jam 14.00 di kelas XI IPA 1.
Jangan lupa! Kami punya yel-yel khusus untuk para calon peneliti muda.
“SIAPA KALIAN? PENELITI MUDA!
PENELITI MUDA? SIAP BERKAYA DI KIR ADINIRA!”

2 komentar: